Analisis Tujuan Pembelajaran Agenda Satu pada Pelatihan Dasar CPNS Dengan Pendekatan Interpretive Structural Model (Studi Kasus Pelatihan Dasar CPNS di Provinsi DKI Jakarta)

Analysis of Agenda One Learning Objectives in CPNS Basic Training With Interpretive Structural Model Approach (Case Study of CPNS Basic Training in DKI Jakarta Province)

  • Yurianto Yurianto BPSDM DKI Jakarta
Keywords: Pelatihan, E-learning, Calon Pegawai negeri sipil, ISM, Pancasila

Abstract

Perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan  telah mengubah pola tata kerja penyelenggaraan pemerintahan dan menuntut peningkatan kualitas calon pegawai negeri sipil. Salah satu tujuan kajian ini adalah mengidentifikasi dan memformulasikan tujuan pada pembelajaran agenda satu pada pelatihan dasar CPNS dengan metode e-learning. Kajian ini bersifat kualitatif deskriptif dengan menggunakan pendekatan Interpretative Structural Model (ISM). Salah satu kesimpulan kajian ini adalah Sub-Elemen (E3),  yaitu meningkatkan rasa Setia pada Pancasila sebagai ldeologi Negara memiliki daya mempengaruhi yang tinggi dan ketergantungan yang rendah untuk pencapaian tujuan. Untuk itu disarankan agar dilakukan sosialisasi dan diskusi  dalam rangka persamaan persepsi bagi para penyelenggara, pengajar, penguji, coach, dan mentor.

References

Agung, T. C. W., Kusrini, N., & Gafur, S. (2018). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Pasokan Minyak Goreng Bekas Rumah Makan Menggunakan ISM (Interpretive Structure Modelling) dan MICMAC (Cross-Impact Matrix Multiplication Applied To The Classification). Jurnal Social Economic of Agriculture, 7(2), 116-128.

Budhianto, B. (2020). Analisis Perkembangan Dan Faktor Yang Mempengaruhi Keberhasilan Pembelajaran Daring (E - Learning). Jurnal AgriWidya, 1(1), 11-29.

Darmawan, D. P. (2017). Pengambilan Keputusan Terstruktur dengan Interpretive Structural Modelling. Penerbit Elmatera, Yogyakarta.

Gredinand, D. (2017). Penerapan Pendidikan Bela Negara Di Perguruan Tinggi Application Of State Defense Education In Colleges. Jurnal Strategi Pertahanan Darat, 3(2), 1-27.

Kurniadi, D. (2007). Prinsip Prinsip Dasar Manajemen Pelatihan. Kajian Mandiri Pelatihan dan Pengembangan SDM oleh Jusuf Irianto. Book Report. Universitas Pendidikan Indonesia Bandung.

Marimin. (2008). Pengambuilan Keutusan Kriteria majemuk, Teknik dan Aplikasi Grasindo Gramedia Widiasarana Indonesia, Jakarta.

Marimin. (2017). Sistem Pendukung Penagmbilan Keputusan dan Sistem Pakar. IPB Press,Bogor.

Muhtar, Z., Yulianti, Y., & Hanafiah, H. (2021) Pendidikan Bela Negara di dalam Kurikulum Pendidikan di Indonesia. Eduprof : Islamic Education Journal, 3(2), 198-218.

Rusydiana, A. S. (2018). Aplikasi Interpretive Structural Modeling Untuk Strategi Pengembangan Wakaf Tunai Di Indonesia. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam, 4(1), 1-17.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta Bandung.

Sukwika, T. (2018). Analisis Aktor dalam Perumusan Model Kelembagaan Pengembangan Hutan Rakyat di Kabupaten Bogor. Journal of Regional and Rural Development Planning, 2(2), 133-150.

Warfield, N. J. (1978). History and Applications Of Interpretive Structural Modeling. Manuscript, Department of Electrical Engineering University of Virginia Charlottesville, Virginia 22901.

Wibowo, A., Hendrarto, B., & Hadiyarto, A. (2013). Analisis Terhadap Kendala Utama Serta Perubahan yang Dimungkinkan dari Pengelolaan Lingkungan di Kawasan Ziarah Umat Katholik Gua Maria Kerep Ambarawa. Prosiding Seminar Nasional Pengelolaan Sumberdaya Alam dan Lingkungan 2013.

Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

Undang-undang Nomor 5 tahun 2004 tentang Aparatur Sipil Negara.

Undang-Undang Nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah.

Peraturan Menteri Pertahanan Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2016 Tentang Pedoman Pembinaan Kesadaran Bela Negara .

Peraturan Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2021 Tentang Pelatihan Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil serta mempertimbangkan materi agenda satu maka disusun tujuan pembelajaran Agenda Satu pada pelatihan Latihan Dasar.

Published
2022-07-18
How to Cite
Yurianto, Y. (2022). Analisis Tujuan Pembelajaran Agenda Satu pada Pelatihan Dasar CPNS Dengan Pendekatan Interpretive Structural Model (Studi Kasus Pelatihan Dasar CPNS di Provinsi DKI Jakarta): Analysis of Agenda One Learning Objectives in CPNS Basic Training With Interpretive Structural Model Approach (Case Study of CPNS Basic Training in DKI Jakarta Province). Jurnal Riset Jakarta, 15(1), 29-42. https://doi.org/10.37439/jurnaldrd.v15i1.65