Purwarupa Desain Sistem Administrasi Indeks Kepuasan Masyarakat pada Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta
The prototype of public satisfactory index for the administration system at Educational Service Office of the Jakarta Province
Abstract
Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta (DISDIK Jakarta) memiliki visi yaitu mewujdukan pendidikan yang tuntas dan berkualitas untuk semua. Misi yang disusun agar Visi tercapai, salah satunya adalah meningkatkan kualitas dan kuantitas sarana dan prasarana pendidikan. Agar misi tersebut tercapai dengan baik, maka DISDIK Jakarta memberikan pelayanan publik kepada masyarakat, agar dapat memberikan pelayanan yang baik bagi masyarakat. Sehingga DISDIK Jakarta perlu menyusun Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) sebagai tolok ukur untuk menilai tingkat kualitas pelayanan. Karena kondisi pandemi, pembelajaran daring dan kendala teknis pembelajaran maka pelayanan kepada masyarakat perlu diperbaiki. Hal ini ditandai dengan adanya berbagai keluhan mayarakat yang disampaikan melalui media massa dan secara perorangan. Data keluhan antara lain yaitu banjir Keluhan PPDB Jakarta, Disdik Pertimbangkan Pembagian Waktu Pendaftaran Berdasarkan Jenjang. Salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik maka dirancang Purwarupa Desain Sistem Administrasi Indeks Kepuasan Masyarakat pada Dinas Pendidikan Provinsi Jakarta untuk mengelolah pendaftaran, perhitungan indeks kepuasan masyarakat, perhitungan pengaduan keluhan masyarakat dan tindak lanjut pengaduan keluhan masyarakat. Setelah menerapkan sistem ini maka proses perhitungan indeks kepuassan masyarakat dan pengaduan keluhan masyarakat di Klinik Pendidikan Dinas Pendidikan Jakarta dapat menghasilkan data yang akurat. Sehingga dengan mengetahui jumlah IKM dan keluhan masyarakat diharapkan dapat meningkatkan kualitas pelayanan publik di Disdik Jakarta.
References
Arief, M. R. (2011). Pemrograman Web Dinamis menggunakan PHP dan SQL. C.V ANDI OFFSET. Yogyakarta.
Dameria, A. (2013). Color Basic Panduan Dasar Warna untuk Desainer & Industri. Link & Match. Graphic. Jakarta
Haryadi, H. (2009). Administrasi Perkantoran untuk Manajemen & Staf. Jakarta Selatan: Transmedia Pustaka.
Jessi (2021) “Banjir Keluhan PPDB Jakarta, Disdik Pertimbangkan Pembagian Waktu Pendaftaran Berdasarkan Jenjang”, https://megapolitan.kompas.com/read/2021/06/08/05440691/banjir-keluhan-ppdb-jakarta-disdik-pertimbangkan-pembagian-waktu?page=all [Diakses 8 Januari 2022]
Sugiarto, E. (2000). Psikologi Pelayanan Dalam Industri Jasa. Jakarta: Gramedia Pustaka.
Kroenke, D., Bunker, D., & Wilson, D. (2013). Experiencing MIS. Computers. Pearson Higher Education AU. 647 pages
Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 25 Tahun 2004 Tentang Pedoman Umum Penyusunan Indeks Kepuasan Masyarakat Unit Pelayanan Instansi Pemerintah.
Shienderman, B. P. C. (2010). Designing the User Interface. Addison Wesley Longman.
Sukamto, & Shalahuddin. (2013). Analisa dan Desain Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi Offset.
WEBARQ. (2010). Aplikasi Berbasis Web. Retrieved from https://www.webarq.com/id/aplikasi- berbasis-web.html [Diakses 8 Oktober 2021
Web Admin – PUSDATIKOMDIK, (2021), “Struktur Organisasi”, Retrieved from https://disdik.jakarta.go.id/article/1803[Diakses 8 Januari 2022]
Web Admin – PUSDATIKOMDIK, (2021), “Profile”, Retrieved from https://disdik.jakarta.go.id/profile/ [Diakses 8 Januari 2022]
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.